HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF ESTEEM ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK NEGERI PEMBINA III PEKANBARU

Authors

  • Awaliyah Ulfah Ayudytha STIKes Pekanbaru Medical Center
  • Widya Artika Sari

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v8i2.476

Keywords:

Pola asuh orang tua, self esteem, anak usia prasekolah

Abstract

ABSTRAK

Usia dini disebut sebagai golden age atau usia emas, artinya apabila seorang anak mendapatkan pendidikan yang tepat, maka anak akan memiliki kesiapan belajar yang baik sebagai salah satu kunci utama keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam kehidupan setiap individu. Peran orang tua dapat tercermin dalam pola asuh orang tua. Pola asuh yang tepat untuk membentuk self esteem yang baik sehingga anak diharapkan mampu bersosialisasi dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki anak di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan self esteem anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina III Kota Pekanbaru. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat melalui uji Pearson Chi-Square dengan menggunakan tekhnik pengambilan purposive sampling. Hasil penelitian adalah Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan self esteem anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina III Kota Pekanbaru, dengan nilai p value=0.000 <0.05. Diharapkan orang tua dapat mengasuh anak secara positif sehingga anak-anak akan memiliki kepribadian yang lebih sabar, mandiri, dewasa dan dapat menghargai diri sendiri dengan baik.

 

Kata Kunci : Pola asuh orang tua, self esteem, anak usia prasekolah

 

THE RELATIONSHIP BETWEEN PARENT’S CARE PATTERNS AND PRE SCHOOL AGE CHILDREN’S SELF ESTEEM ON TK NEGERI PEMBINA III PEKANBARU

ABSTRACT

               A preschool age is a golden age, meaning that if a child gets the right education, the child will have good learning readiness as one of the main keys to successful learning. Family is the first an foremost environment in every individual’s life. The role of parents can be reflected in parenting. Proper parenting to form good self esteem so that children are expected to be able to socialize and develop all the potential that children have in society. The purpose of this research is to know the relationship between parent’s care patterns and preschool age children’s self esteem in the on TK Negeri Pembina III Pekanbaru. The design of this research is a descriptive clarity with a cross sectional approach. Analysis of what was used was a univariate analysis and bivariat using the pearson chi-square test using the purposive sampling technique. The results of the study are so Ho rejected and Ha is accepted that means there is relationship between parent’s care patterns and preschool age children’s self esteem on TK Negeri Pembina III Pekanbaru, with the value of p value= 0.000 <0.05. For all parents, is expected to be nurturing their children positively so the children will have the personality which is positive, more independent, mature and can they can appreciate theirselves properly.

 

Keywords : Parents’ care patterns, self esteem, preschool children’s

References

Aisyah. 2015. Hubungan Self Esteem dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. (Jurnal Psikologi, Vol 1, 2012), hlm.52
Hastuti, Dwi. 2016. Strategi Pengembanagn Harga Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2): 39-50
Juharti, Reza Surya. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosisalisasi Anak Prasekolah di TK Raudhatul Amilin Pekanbaru Provinsi Riau. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes PMC Pekanbaru.
Kurniyatun, Rina. 2011. Pengaruh Terapi Bermain Peran Terhadap Harga Diri pada Anak Prasekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Al-Wafa Sewon Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Aisyiyah Yogyakarta
Longkutoy, Nathania., Sinolungan, Jehosua., Opod, Henry. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Maya, Sri., dkk. 2018. Korelasi Pola Asuh Orangtua Terhadap Self-esteem Remaja Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Harapan Denpasar. Sari Pediatri 20(1): 24-29
Muniroh, Siti. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Harga Diri Anak Usia Prasekolah. Jombang: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIPDU
Papalia, Diane E., Olds, Sally Wendoks., Feldman, Ruth Duskin. 2009. Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Medika.
Putri, Rahmadilla. 2017. Sikap Ibu dalam Stimulasi terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) di TK Negeri Pembina III Kota Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes PMC Pekanbaru.
Tangkudung, Joanne P. 2014. Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin dalam menunjang Studi Mahasiswa FISIP Universitas Sam Ratulangi. Journal “Acta Diurna” III (4): 3
Yusuf., Rizky Fitryasari., Hanik, Endang Nihayati. 2015. Buku Ajar Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SELF ESTEEM ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK NEGERI PEMBINA III PEKANBARU. (2020). Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 8(2), 42-51. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v8i2.476