HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA STIKES AL INSYIRAH PEKANBARU SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Rahmaniza
  • Fatma Nadia
  • Rika Mianna
  • Triana Harlia Putri

DOI:

https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2258

Abstract

Sejak munculnya Covid-19 akhir 2019, berdampak pada berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Sesuai arahan Presiden RI, pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada satuan pendidikan pada wilayah PPKM level 1-3. Sementara wilayah PPKM level 4 tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Hal ini membuat mahasiswa mengalami peningkatan kecemasan sejak awal pandemi Covid-19. Sehingga mahasiswa harus mampu
beradaptasi dengan mengembangkan koping yang optimal untuk meminimalkan kecemasan terhadap perubahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan mekanisme koping dengan tingkat kecemasan mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru selama masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dengan jumlah sampel adalah 143 sampel, dengan metode total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berdasarkan kuesioner baku yang disebar secara online berbentuk google form kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme koping adaptif sebanyak 97 responden (67,8%), kecemasan ringan sebanyak 87 responden (60,8%). Hasil uji bivariat ada hubungan signifikan antara mekanime koping terhadap tingkat kecemasan mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru selama masa pandemic Covid 19 dimana p-value < 0,05 yaitu 0,000. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan dalam menghadapi kecemasan dan perilaku dimasa pandemi Covid 19 dan mahasiswa selalu mengembangkan perilaku koping adaptif untuk mengurangi kecemasan akibat pandemic.

References

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Faradilla, M., Pefbrianti, D., & Hariawan, H. (2021). Kecemasan dan Strategi Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 219–226.

Gustyawan, A. (2019). Gambaran Resiliensi pada orang dengan HIV/AIDS yang Tergabung dalam Supporting Group di Kabupaten Jember. Universitas Jember.

Hulu, E. K., & Pardede, J.A. (2016) Dukungan Keluarga dengan tingkat Kecemasan pasien Pre Operatif di Rumah Sakit Sari

Al-Asalmiya Nursing / Vol. 11, No. 2, Tahun 2022

Page | 139

Mutiara medan. Jurnal Keperawatan, 2(1).

Husky, M. M., Kovess-Masfety, V., & Swendsen, J. D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Journal Pre-Proof, 102, 152191. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152191

Ilahi, A. D. W., Rachma, V., Janastri, W., & Karyani, U. (2021). The Level of Anxiety of Students during the Covid-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1),

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (Anxiety) dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin Pada Prorprof 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/12299/10616

Lazarus, R, S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.

NANDA International. (2021). Diagnosa Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2021-2023 (T. H. Herdman, S. Kmitsuru, & C. T. Lopes (eds.); 12th ed.). Penerbit Buku Kedokteran (EGC).

Stuart. (2013). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (G. W. Stuart (ed.); Indonesia). Elsevier.

Sumoked, A., Wowiling, F., & Rompas, S. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Iii Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Yang Akan Mengikuti Praktek Klinik Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.22897

Taylor. (2012). Heath psychology ((8th ed)). International Edition.

WHO. (2021). Classification of Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 Variant of Concern. https://www.who.int/news/item/26-11-2021-classification-of-omicron-(b.1.1.529)-sars-cov-2-variant-of-concern

worldometers.info. (2022). The Word Health Organization declared the coronavirus outbreak a Global Public Health Emergency. https://www.worldometers.info/coronavirus/

WHO. (2020). The Word Health Organization declared the coronavirus outbreak a Global Public Health Emergency. Retrieved from https://www.wordometers.info/coronavirus/

Published

2022-12-30

How to Cite

HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA STIKES AL INSYIRAH PEKANBARU SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. (2022). Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 11(2), 134-140. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v11i2.2258