STUDI FENOMENOLOGI : FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI PUSKESMAS AMBACANG PADANG

  • Erni Musmiler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan YPAK Padang
  • Risa Meliarni Ermi
Keywords: Demam Berdarah Dengue, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Abstract

Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit demam akut yang bisa menyebabkan kematian dan disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian demam berdarah dengue yaitu faktor host dengan pembagian pengetahuan, sikap dan tindakan. Kejadian demam berdarah dengue termasuk daerah dengan kasus paling tinggi di wilayah kerja Puskesmas Ambacang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dengan kejadian demam berdarah dengue di kelurahan Puskesmas Ambacang. Metode penelitian ini adalah Kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Partisipan dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 orang. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah terkena demam berdarah dengue di wilayah Ambacang kota Padang. Data yang diperoleh diolah berdasarkan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan demam berdarah dengue. Namun sikap dan tindakan partisipan belum sejalan dengan pengetahuannya. Hal ini dibuktikan dengan sikap negatif partisipan karena tidak melakukan tindakan pencegahan sebelum terkena dan mengalami demam berdarah. Partisipan baru melakukan tindakan pencegahan setelah mengalami demam berdarah dengue. Dengan demikian, tindakan pencegahan akan dilakukan jika sudah adanya stimulus yang tidak baik yaitu mengalami demam berdarah dengue.

References

Abdullah. 2013. Demam Berdarah Dengue. Pedoman Pengobatan di Puskesmas: Depkes RI.

Anggraini TS, Cahyati WH. 2017. Perkembangan Aedes Aegypti pada Berbagai PH Air dan Salinitas Air. Higeia Journal of Public Health Research and Development.

Arduino MB, Mucci LF, Serpa LLN. 2015. Effect of Salinity on the Behaviour of Aedes Aegypti populations from Coast and Plateau of Southheasternn Brazil. Journal Vector Borne Disease.

Bachtiar, Sari Puspa, Rasin, A. Arsunan, Arsyad, dan Dian Sidik. (2016). “Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue di Kota Palopo”. Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Chintia MC, Nancy, Jootje. (2014). Analisis Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian DBD di Puskesmas Gogagoman Kota Kotamobagu. Jurnal Universitas Sam Ratulangi.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2017). Laporan Tahunan Dinkes Kota Padang.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2016). Laporan Tahunan Dinkes Kota Padang.

Dyah, Rini. (2017). Pengetahuan Ibu Mengenai Demam Berdarah Dengue Dan Praktik Pencegahan Dengan Suna Trap. Jurnal Uniersitas Negeri Semarang.

Kemenkes RI. (2017). Demam Berdarah Dengue (DBD). Jakarta: Direktorat Jendral PPM dan PLP. Diakses di www.kemenkes.go.id

Kusuma AP, Sukendra DM. 2016. Analisis Spasial Kejadian DBD Berdasarkan Kepadatan Penduduk. Unnes Journal of Public Health. 5 (1).

Masriadi. (2014). Epidemiologi Penyakit Menular. Depok.

Munawir. (2018). Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Perilaku Masyarakat Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue. Jurnal Universitas Sumatera Utara.

Oktavini, Ria Rezki. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Demam Berdarah Dengue. Universitas Muhammadiyah Malang.

Radita. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Rudi, Rafi. (2015). Faktor risiko penyakit demam berdarah dengue (tinjauan terhadap faktor manusia, lingkungan, dan keberadaan jentik). Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Tamza, Suhartono, Dharminto. (2013). Hubungan Faktor dan Perilaku dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kelurahan Perumnas Way Halim Kota Bandar Lampung. J. of Kesehatan Masyarakat.

Usman, (2016). Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Hidup. Diakses http://eprints.ums.ac.id/5966/1/J410050022.PDF

Wawan. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Kesehatan Manusia. Yogyakarta : Nuha Medica.

WHO. (2015). “Dengue and Severe Dengue”. Diakses http://www.who.int/centre.

WPRO. (2015). “Dengue in the Western Pacific Region”. http://www.wpro.who.int/topics/dengue/en.

Yeti & Widayati. (2015). Cekal sampai Tuntas Demam Berdarah. Yogyakarta.
Published
06-06-2020