ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK PEMBINA KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK

Authors

  • LPPMadmin Al-Insyirah

Keywords:

pola asuh, perkembangan anak

Abstract

Hasil penelitian tentang pengembangan anak di Indonesia menunjukkan bahwa 17-20% anak-anak menderita gangguan perkembangan, emosional, dan perilaku. Itu apporoximated bahwa gangguan motorik. Itu apporoximated bahwa gangguan motorik sekitar 5-3% dan 60% dari kasus spontanly didirikan berusia 5 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem pola orang tua untuk keterampilan motorik halus siswa berusia 3-6 tahun jika Kecamatan TK Pembina Mempura Kabupaten Siak. Metode penelitian ini adalah observasi dengan menggunakan desain korelatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data sampling. Sampel adalah 66 siswa dan 66 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan 56,1% untuk sistem pola demokrasi, 51,5% untuk Otoriter, 65,2% untuk permisive dan 72,7% untuk tidak terlibat orangtua pengasuhan. Hasilnya menunjukkan korelasi metode-metode untuk keterampilan motorik halus dari siswa berusia 3-6 tahun (p <0,05) diharapkan bahwa departemen pendidikan dapat memberikan pertimbangan fakta ini membuat kebijakan yang lebih baik untuk mengawasi pengembangan dan menangani masalah-masalah siswa pra-sekolah. Guru dapat menggunakan baik kemampuan keterampilan motorik sebagai cara untuk abserve dan melatih keterampilan siswa dan untuk peneliti selanjutnya untuk mempelajari lebih mendalam tentang metode dalam pola pengasuhan untuk anak-anak keterampilan motorik halus dalam variabel yang berbeda.

Published

How to Cite

ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK PEMBINA KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK. Al-Insyirah Midwifery: Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwifery Sciences), 5(01), 8-16. https://jurnal.ikta.ac.id/kebidanan/article/view/20